Penandatanganan Pakta Integritas Ditolak Dewan Mahasiswa UIN SUSKA RIAU

Kamis, 02 Mei 2019

Bualbual.com, Pekanbaru - Dewan Mahasiswa ( DEMA ) dari beberapa Fakultas Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ( UIN SUSKA RIAU ) menolak penandatanganan Pakta Integritas, Rabu (01/05).

Penolokan tersebut dilakukan oleh Vizra Dwi Yanri sebagai Ketua DEMA dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi ( FDK ) UIN SUSKA RIAU, dia mengatakan tidak berniat untuk menandatangani Pakta Integritas, alasanya karena Surat Keputusan (SK) tak kunjung selesai,

“SK sudah kami ajukan sejak lama tapi belum ada kejelasan juga. Jika SK dipangkas hingga bulan delapan, satu periode ini akan berlalu begitu saja,” tutur Vizra.

Dema Fakultas Ushuluddin, Dema Fakultas Sains dan Teknologi, Dema Fakultas Psikologi, Dema Fakultas Syariah dan Hukum juga ikut melakukan audiensi mengenai Pakta Integritas .

“Kami kompak dan sepakat untuk menolak menandatangani Pakta Integritas,” ucapnya.

Keputusan Vizra tersebut juga sejalan dengan Ketua DEMA Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Nurhamidi ia juga mengatakan tidak setuju dengan beberapa poin yang tercantum didalam Pakta Integritas tersebut.

” saya sebagai ketua juga tidak mau menandatangani surat tersebut”. ucap Nurhamidi.

Beberapa poin yang tercantum didalam Pakta Integritas tersebut menurut Nurhamidi terlalu mengekang hak dari demokrasi dan membatasi ruang gerak dari mahasiswa. dan ditambah lagi mengenai Surat Keputusan dari Rektor ( SK ) yang menyatakan masa jabatan lembaga-lembaga yang ada harus berakhir di bulan Agustus.

“Beberapa bulan yang akan datang mahasiswa libur panjang, jadi kegiatan apa yang mau dibuat jika masa SK sudah habis di Agustus,” sambungnya.

Keputusan tersebut menurut Nurhamidi dibuat tanpa ada dasar yang jelas. ia juga mengungkapkan akan melakukan gerakan, jika seandainya permintaan untuk pengahapusan beberapa poin yang tercantum didalam Pakta Integritas tersebut ditolak oleh pihak Rektorat.

” Kami Sudah beberapa Kali Berupaya menemui Wakil Rektor III, Namun tak berada ditempat”.tuturnya.***

Sumber     : Lamanriau