PSSI Berencana Gunakan VAR di Liga Indonesia Mulai 2021

Rabu, 06 November 2019

BUALBUAL.com - PSSI berencana menggunakan Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi Liga Indonesia mulai musim kompetisi 2021 mendatang. Hal ini disampaikan sang ketua umum, Iwan Bule, usai rapat Komite Eksekutif (Exc0), Selasa (5/11/2019).

Dua tahun dipatok Iwan sebagai waktu persiapan jelang penggunaan VAR. Dalam kurun waktu tersebut, kata Iwan, PSSI akan menyiapkan sumber daya manusia serta perangkat yang diperlukan.
"VAR jadi bahasan penting karena publik 'kan bertanya-tanya. Kalau mempersiapkan alatnya itu enggak terlalu susah. Paling penting kita siapkan dulu wasitnya," kata Iwan di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta Pusat.
"Nah, mulai awal tahun depan hingga akhir tahun akan ada pelatihan bagi wasit-wasit. Road map-nya, 2021 sudah pakai VAR-lah kita," imbuhnya.
PSSI sejatinya sudah memulai merancang penggunaan VAR sejak 25 Juli 2019 lalu. Ketika itu, Sekjen Ratu Tisha Destria mengunjungi Federasi Sepak bola Thailand (FAT) untuk mengobservasi penggunaan VAR di Thai League 1.
FAT sendiri membutuhkan waktu setidaknya sembilan bulan untuk mematangkan rencana implementasi VAR. Poin paling penting dalam persiapan VAR adalah pelatihan dan sertifikasi wasit.
Sebelum bisa mengoperasikan VAR, seorang wasit butuh enam tahapan kursus yang berlangsung kurang lebih satu tahun. Syarat ketat ini sesuai standar International Football Association Board (IFAB) selaku badan yang berkuasa atas aturan-aturan permainan sepak bola.
Selain menjalani enam tahapan kursus, wasit juga harus menjalani 40 jam pelatihan yang diselenggarakan secara online dan offline. Pelatihan tersebut harus dipimpin langsung oleh instruktur yang ditunjuk oleh FIFA.
Sumber: cakaplah.com