Bappedalitbang Riau Perkenalkan Pengolahan Air Gambut di Inhil Bisa Jadi Air Bersih

Sabtu, 03 Oktober 2020

BUALBUAL.com - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Provinsi Riau berkunjung ke Kabupaten Indragiri Hilir, Jum'at (2/10/2020) siang. 

Kunjungan ini disambut langsung Bupati HM. Wardan di ruang rapat Kepala Bappeda Inhil turut didampingi Pj.Sekda Inhil, Kepala dan Sekretaris Bappeda, Plt. Kadis PMD, dan beberapa Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil.

Kunjungan Dr. Sopyan Hadi, S.Pi, M.T beserta rombongan dari Bappedalitbang Provinsi Riau dalam rangka memperkenalkan hasil riset/kajian tentang pengolahan air gambut yang berwarna merah kehitaman bisa menjadi air bersih (bening/putih) dengan teknologi yang sederhana dan murah yang langsung diperagakan dihadapan Bupati.
Diharapkan dengan teknologi yang sederhana ini diharapkan dapat membantu pedesaan yang bertanah gambut dalam mengolah air.

Sementara itu, Bupati HM.Wardan menyambut baik dengan adanya teknologi dan sangat bermanfaat bagi masyarakat Inhil. Karena sebagian wilayah daratan Inhil merupakan gambut.

Beliau juga menambahkan, dengan adanya pengolahan air disamping dapat membantu masyarakat juga dapat dimanfaat di musim kemarau,