Forum LLAJ Inhu Bahas Rekayasa Lalu Lintas MTQ Provinsi Riau ke-41

Kamis, 25 Mei 2023

BUALBUAL.COM, INHU - Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Kabupaten Indragiri Hulu mengadakan rapat di Kantor Dinas Perhubungan Inhu, Kamis (25/5).

Hal pokok yang menjadi pembahasan dalam rapat adalah rekayasa lalu lintas dalam penyelenggaraan MTQ Provinsi Riau ke-41 Tahun 2023 yang direncanakan akan digelar di Kota Rengat pada bulan November 2023.

Mengawali rapat, Kabag Kesra, Atpasferi memaparkan konsep pelaksanaan MTQ dari pembukaan hingga penutupan sehingga didapat gambaran kondisi lalu lintas yang akan terjadi pada penyelenggaraan MTQ tersebut.

Dijelaskan, titik-titik yang menjadi fokus rekayasa adalah pada saat penyambutan kafilah dari kabupaten/kota di depan kantor Bupati Inhu.  Kemudian pada saat pawai ta'aruf yang direncanakan berawal dari RTH Rengat ke Danau Raja melalui Jalan Sultan dan pada saat penutupan MTQ.

Selain itu juga dibahas tempat-tempat parkir yang memungkinkan sehingga tidak mengganggu lalu lintas mengingat banyaknya kendaraan yang akan parkir di sekitar lokasi.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Inhu, Jawalter Situmorang mengatakan perlu dibuat pemetaan tempat-tempat parkir yang akan digunakan pada pelaksanaan MTQ tersebut. Kadishub juga meminta Dinas PUPR Inhu agar membuat pos pengamanan bersama antara Kepolisian, Dishub, Satpol PP dan instansi terkait sehingga koordinasi dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan itu, KBO Satlantas Polres Inhu, Iptu Edison Simanjuntak mengatakan untuk menentukan pola rekayasanya, perlu dilakukan survey ke lapangan secara langsung dan hasilnya akan disampaikan pada rapat-rapat berikutnya.

Pada saat MTQ yang akan datang, ia meminta agar rekayasa lalu lintas dapat disiarkan melalui radio sehingga masyarakat mengetahui jalan mana yang ditutup dan jalan alternatif yang harus dilalui.

Selanjutnya hasil rekayasa lalu lintas akan disampaikan ke Bupati Inhu untuk di ekspose kepada Gubernur dan Kabupaten/Kota.

Turut hadir pada forum tersebut, Perwakilan SatPol PP dan Perwakilan Dinas PUPR.