Gubri Kukuhkan Pengurus Karang Taruna Riau Masa Bakti 2021-2026

Jumat, 10 Desember 2021

BUALBUAL.com  - Gubernur Riau, H Syamsuar, mengukuhkan dan melantik pengurus Karang Taruna Provinsi Riau masa bhakti 2021-2026, sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Karang Taruna Provinsi Riau, di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Jumat (10/12/2021).

Pengukuhan disaksikan Forkopimda Riau, Danrem 031/WB, M Syech Ismed,  Sekdaprov SF Hariyanto, Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Tengku Zul, Wakil Ketua Umum Karang Taruna Nasional, Budhy Setiawan, Sekretaris Jenderal Karang Taruna Nasional, Deden Sirajudin. 

Gubernur Riau dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada pengurus Karang Taruna Provinsi Riau masa bhakti 2021-2026 yang baru dikukuhkan dan dilantik.

"Kegiatan ini sebagai momentum bagi generasi muda untuk berdiskusi, mengurai fikir untuk memberi sumbangsih yang terbaik bagi organisasi Karang Taruna. Khususnya dan juga organisasi kepemudaan di Provinsi Riau pada umumnya," kata Gubernur Riau.

Gubri mengatakan, sebagai organisasi sosial kepemudaan, Karang Taruna telah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 25 Tahun 2011. Merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat, sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang, atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk generasi muda.

"Karang Taruna memiliki tanggung jawab besar untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial seperti kemiskinan, kebodohan, ketelantaran, narkoba, dan lainnya. Ini harus dilakukan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan yang semuanya harus bermuara pada tercapainya kesejahteraan sosial di masyarakat," ungkap Gubri. 

Berkenaan dengan hal tersebut, Gubri berharap, pengurus Karang Taruna Provinsi Riau mampu menyusun program kegiatan yang inovatif, kreatif, dan atraktif. Sehingga para pemuda tertarik bergabung dengan lembaga ini.

"Disinilah peran pengurus Karang Taruna diuji dan ditantang untuk menjadikan Karang Taruna lebih eksis dan lebih maju," ungkap Gubri.

Sementara, Ketua Karang Taruna Provinsi Riau Muhammad Andri menyatakan, bahwa Karang Taruna adalah sebuah organisasi yang mengakomodir partisipasi pemuda harapan negeri.

Menurutnya, dalam catatan penting sejarah peran pemuda sangat krusial sejak dulu, bahkan sebelum kemerdekaan. Besarnya energi dan semangat yang dimiliki generasi muda harus didukung dan disalurkan melalui wadah-wadah organisasi salah satunya Karang Taruna.

"Saya sebagai ketua Karang Taruna Provinsi Riau merasa bangga atas semangat dan kontribusi kawan-kawan pengurus Karang Taruna baik itu tingkat desa/kelurahan, tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau. Bahwa kita memiliki arah yang sama, sebuah tujuan mulia dalam organisasi Karang Taruna yaitu pengabdian terhadap masyarakat," ungkap Andri.

"Sebagaimana pesan bapak Gubernur kepada kami yaitu berbuat baiklah sekecil apapun, karena tidaklah menjadi besar jika tidak dimulai dari hal-hal yang kecil," tambahnya.

Turut hadir di acara tersebut, Ketua Karang Taruna Jawa Barat, Ketua Karang Taruna Sumatera Utara, Pengurus Karang Taruna Kabupaten/Kota se-Povinsi Riau, DPD KNPI Provinsi Riau, SAPMA PP Provinsi Riau serta Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan di Provinsi Riau. ***