Rotan Manau 'Calamus manan M' di Tepian Sungai Selensen Salak Bukit Condong

Sabtu, 21 Agustus 2021

BUALBUAL.com - Perjalanan ke Camping Ground Bukit Condong Kelurahan Selensen Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau.

Bukan hanya semata-mata mendaki bukit, Anda akan mendapat pemandangan yang indah yaitu hamparan awan, menunggu sunrise dan sunset, mandi dan berbasah - basah di Air Terjun Selensen Salak. 21/08/21

Perjalanan Anda juga semakin kaya makna ketika menyusuri kawasan tepian Sungai Selensen Salak untuk mengenal berbagai tumbuh - tumbuhan yang hidup secara endemik di daerah ini. Rasa berada di laboratorium botani hutan alam tropis ketika kita menjelajah di daerah ini.

Disekitar daerah ini kita akan menemukan berbagai jenis Rotan  (Calamus spp) yang sering dimanfaatkan untuk bahan baku perabot dan berbagai peralatan rumah tangga. Rotan Manau memiliki ukuran diameternya lebih besar dari pada jenis rotan lain. Rotan Manau salah satu jenis rotan yang memiliki karakteristik warna batang luar hijau tua dan berwarna kuning langsat pada bagian dalam apabila di kupas. 

Memiliki diameter dengan pelepah 60-80 mm, diameter tanpa pelepah 30-45 mm panjang ruasnya sekitar  30 cm, dengan total panjang secara keseluruhan apabila rotan dewasa hingga 40 meter. Ciri lain dari rotan Manau ini biasa tumbuh merambat diantara pohon dan ranting disekitar tempat tumbuh rotan tersebut serta tumbuh secara tunggal dan tidak berumpuberumpun.