Visi Misi Zaili, Calon Kades Sumber Agung Pesisir Barat Periode 2022-2028

Kamis, 12 Mei 2022

BUALBUAL.com - Berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sebagaimana diubah beberapa kali terakhir dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 72 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 112 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa. Kemudian, sejumlah Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati Kabupaten Pesisir Barat terkait Kepala Desa.

Diketahui pemilihan Kepala Desa secara serentak di wilayah Kabupaten Pesisir Barat akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2022. Pemilihan Peratin secara serentak ini akan di ikuti sebanyak 68 desa pada 11 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Barat, salah satunya desa Sumber Agung Kecamatan Ngambur.

Namun dalam hal tersebut Ada yang menarik di pemilihan Kepala Desa Sumber Agung dengan hadirnya bakal calon sosok karismatik Zaili putra dari Bapak Cholik yang lolos administrasi akan ikut meramaikan pesta demokrasi 6 tahunan tersebut.

Mamak Zaili sapaan akrab beliau yang memiliki latar belakang pernah menjabat sebagai aparatur pemerintahan desa Sumber Agung di Era periode 2016 - 2022. Dengan latar belakang pernah menjabat sebagai aparatur pemerintahan desa Sumber Agung tentunya menjadi salah satu dasar terpanggil jiwa untuk mencalonkan diri sebagai Kades Sumber Agung.

Dalam kesempatan ini calon sosok karismatik Zaili menyampaikan niat bila terpilih siap untuk memperjuangkan kemakmuran petani dan keadilan masyarakat. 

"Saya meminta doa dukungan dan pilihannya mudah-mudahan apabila Allah SWT meridhoi saya terpilih," pinta Zaili, Kamis (12/05/2022).

Calon Sosok Karismatik Zaili akan menerapkan 3 (tiga) aspek dalam Kepemimpinannya yang berupa ''MENGABDI, PEDULI dan BERMASYARAKAT''.

Masyarakat desa Sumber Agung percaya akan segara saya tuntaskan keluhan masyarakat dalam kurun waktu 3 tahun. Semua program saya tuangkan dalam Visi & Misi saya mencolonkan diri sebagai Perantin Sumber Agung :

                  VISI
TERWUJUDNYA PEKON SUMBER AGUNG
YANG BERDAYA SAING, MAKMUR BIDANG PERTANIAN,PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN.

                   MISI
1. Meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat secara optimal
2. Menata pemerintah desa kompak dan bertanggung jawab dalam mengemban amanah masyarakat.
3. Memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana dasar desa.
4. Membangun dan meningkatkan hasil Pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan usaha tani, pola pemupukan dan tanaman yang baik.
3. Membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan.
4. Mengembangkan kegiatan keagamaan dan pelestarian adat untuk menambah keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
5. Menumbuh kembangkan Kelompok Tani.
6. Meningkatkan Usaha Kecil dan Menengah.
6. Menambah dan meningkatkan sarana olah raga.
7. Meningkatkan kesejahteraan pendapatan masyarakat perkebunan dengan pemupukan dan pengelolaan hutan yang baik.
8. Meningkatkan hasil peternakan dengan pemeliharaan ternak yang baik.
9. Membentuk dan memperdayakan BUMDesa sebagai wadah untuk menunjang PAD desa.

Di tempat terpisah, Acep Yepta Rijaya selaku masyarakat Sumber Agung sekaligus Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kecamatan Ngambur menilai Zaili sudah sangat layak untuk mengemban amanah sebagai Kades, pasalnya beliau memang sudah memiliki rekam jejak di bidang pemerintahan karena sebelumnya pernah menjabat aparatur Pemerintahan desa Sumber Agung dan berhasil dalam menjalankan tupoksi selaku aparatur Pemerintahan.

"Apalagi Zaili memiliki jaringan yang luas, maksud jaringan yang luas disini adalah seberapa jauh si calon Kades terpilih dapat mengakses sumber sumber kekuasaan Eksekutif dan Legislatif, LSM yang konsen bergerak di desa, dan atau pihak lain yang dapat mendukung terwujudnya kemajuan dan kemandirian desa tersebut," tambahnya. 

"Sehingga pria berkumis itu tidak diragukan lagi baik dari sisi sosial, materil maupun bermasyarakatnya, apalagi beliau memiliki integritas yang baik untuk mewujudkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sumber Agung," ungkapnya.

Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kecamatan Ngambur, juga menyampaikan permohonan setulusnya kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Ngambur khususnya desa Sumber Agung agar dapat bersama-sama untuk satukan hati, pikiran dan langkah untuk memberikan amanah terhadap Zaili.

Untuk diketahui bersama Selain Zaili, ada 3 kandidat pesaing yang akan dipilih pada tanggal 27 Juli 2022 yakni Hayun, Sirwan dan Sahpani yang juga siap meyakinkan masyarakat dan mengembang Amanah apabila dipercaya masyarakat.