BUALBUAL.com

Suara Anda, Berita Kita

Kadisdukcapil Inhil Berharap Tahun 2020 Miliki Mesin ADM

BUALBUAL.com – Terobos terbaru Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) sudah mulai diperkenalkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil).

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Inhil, Ahmad Ramani, Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) adalah mesin yang berinovasi bisa mencetak administrasi kependudukan yakni Kartu Keluarga (KK), e-KTP, Akta Kelahiran secara langsung oleh masyarakat.

[ad id='51967']

“Terobosan terbaru ini sudah diperkenalkan kemarin saat Rakornas kemarin. NIK e-KTP Pak Mentri Mendagri Tito Karnavian yang menjadi simulasi, di depan publik kami melihat inovasi terbaru dari program ini sangat luar biasa, bisa dicetak data kependudukan dengan seketika,” jelasnya, Kamis (28/11/2019).

Mantan Camat Keritang ini menambahkan, tahun 2020 tidak menutup kemungkinan Kabupaten Inhil akan memiliki mesin tersebut guna membantu masyarakat dalam percepatan pencetakan administrasi kependudukan.

“Semoga kita juga punya, jadi di tahun 2020 nanti masyarakat Inhil jika ada keperluan tentang data kependudukan tinggal ke mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) lalu cetak sendiri data kependudukan yang diinginkan,” ulasnya.

Ramani juga menyebutkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) sudah diminati oleh beberapa daerah yang ada di Indonesia termasuk Kabupaten Inhil memiliki harga bervariasi tergantung merek yang dipesan, dan mesin tersebut dibeli dari anggaran daerah masing-masing.

“Kita berharap mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) ada di Inhil. Berkenaan dengan harga berdasarkan informasi yang didapatkan bervariasi tergantung merek yang dipesan, ada yang berkisar Rp.175.000.00,- ada juga Rp.185.000.000,- paling tinggi Rp.200.000.000,- intinya tidak lelang, dan kita bisa memiliki mesin tersebut dari anggaran daerah,” imbuhnya.